-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PASANG IKLAN

Musim Angin Barat, Inilah Keluhan Salah Satu Nelayan di Pantura

Jumat, 27 Januari 2023 | Januari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-01-28T03:02:02Z

 

Foto ilustrasi Nelayan (ist)

TANGERANG, TRANSPANTURA.COM -Sejumlah nelayan di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, sudah sebulan ini tidak bisa melaut untuk mencari ikan karena musim angin barat yang menyebabkan gelombang tinggi melanda periran laut Jawa tepatnya di kepulauan seribu.


Tidak banyak yang bisa mereka lakukan selain pasrah pada keadaan, ancaman paceklik pun menghantui warga pesisir Utara Tangerang karena penghasilan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup hanya dari hasil mencari ikan.


“Dalam sebulan paling 4 kali kami melaut, kadang untuk mencukupi kehidupan sehari-hari kami kerja serabutan.itu juga kalau lagi ada kalau tidak yah begini paling kami ngerapihin perahu,” kata Esin salah satu nelayan di wilayah Tangerang Utara belum lama ini. 


Musim barat sekarang ini menurut Esin tidak bisa di pastikan kapan akan berakhir nya berbeda dengan musim barat yang dulu yang bisa di prediksi hanya 3 bulan. Penghasilan mereka saat ini pun tidak bisa di tentukan paling maksimal itu 10 kilo ikan dari jumlah 3 orang nelayan.


“Paling kalau di jual dari 10 kilo ikan itu kami mendapatkan 300 ribu sedangkan modal sekali melaut itu 400 ribu saat musim barat, kalau dibilang rugi yah jelas rugi tapi itu penghasilan pada saat musim barat tapi kalau musim biasa itu ada juga kelebihannya,” paparnya


Esin berharap mendapatkan bantuan dari pemerintah baik pemerintah desa Tanjung pasir maupun pemerintah daerah kabupaten Tangerang padahal kata dia dalam situasi saat ini, ia dan nelayan lainnya butuh perhatian dari pemerintah (red/rh)

PASANG IKLAN
×
Berita Terbaru Update